Tuesday 29 October 2019

Ringkasan tafsir ayat Kursi - Ustaz Dr. Musthafa Umar


Keseluruhan ayat ini menceritakan tentang Allah. Imam Ahmad menyatakan ianya disebut sebanyak 17 kali . Hitungan 17 kali sama dengan rakaat solat sehari semalam . Al quran diturun pada 17 Ramadhan. 

1.Nama Allah الله
2. لَآ إِلٰهَ إِلَّا هُوَ
Tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia.
  • Penegasan bahawa bukan manusia , bukan haiwan , bukan jin , bukan berhala , bukan hawa nafsu yang berhak disembah melainkan Allah SWT

3. الْحَى
Yang hidup kekal
  • Yakni lawan kata dari kematian. Dan Allah memiliki kehidupan yang sempurna tidak sirna atau berubah. Dan kehidupan-Nya tidak terdapat kekurangan.

4. الْقَيُّومُ
lagi terus menerus mengurus makhluk Nya.
  • Yakni yang senantiasa mengurus dan menjaga makhluk-Nya

5,6ا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ
Tidak mengantuk dan tidak tidur
  • سِنَةٌ(tidak mengantuk) Yakni apa yang terjadi sebelum tidur seperti Lelah.

7, 8لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ
Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi
  • Hal itu merupakan pemberitahukan bahwa semua makhluk dan hamba-Nya, dan berada di dalam kerajaan-Nya, pemaksaan-Nya, dan juga kekuasaan-Nya.

9مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِندَهُ إِلَّا بِإِذْنِ
Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya
  • Yakni tidak ada dari makhluk-Nya yang mampu memberi manfaat untuk makhluk lainnya dengan syafaat maupun yang lainnya selama Allah belum mengizinkan pemberi syafaat.


10, 11 يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُ
Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka
  • Yakni yang dihadapan mereka berupa kehidupan akhirat. وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ (dan di belakang mereka ) Yakni kehidupan di dunia. وَسِعَ
12 وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ

Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya”

  • Artinya, tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui sesuatu pun dari ilmu Allah kecuali yang telah diajarkan dan diberitahukan oleh Allah ta’ala kepadanya. Mungkin juga makna penggalan ayat tersebut adalah, manusia tidak dapat mengetahui ilmu Allah sedikitpun, dzat dan sifat-Nya melainkan apa yang telah diperlihatkan Allah kepadanya.

13, 14, 15 ,16 ,17 وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيمُ
Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.
  • Diriwayatkan dari Ibnu Abbas: al-Kursi adalah tempat kedua kaki. Dan diriwayatkan dari Imam Bukhari dari Said bin Jubair, al-Kursi adalah ilmu-Nya; pendapat ini dikuatkan oleh Imam at-Thabari. Dan pendapat lain mengatakan, al-Kursi adalah ‘Arsy itu sendiri. وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ (Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya ) Yakni penjagaan langit dan bumi tidak memberatkan Allah Ta’ala, dan tidak mendapatkan sedikitpun kesusahan dari hal itu. الْعَلِىُّ ( dan Allah Maha Tinggi) Yakni Maha Tinggi dari makhluk-makhluk-Nya dengan ketinggian-Nya dan kekuasaan-Nya atas mereka. 

Diriwayatkan hadist-hadist yang shahih bahwa ayat ini adalah ayat yang paling utama dalam al-Qur’an.
Dari Ubay bin Ka’ab bahwa Rasulullah bertanya kepadanya: menurutmu ayat mana di kitab Allah merupakan ayat yang paling utama?
Lalu ia menjawab: ayat kursi.
Rasulullah bersabda: “Semoga dipermudahkan ilmu bagimu, Abu Munzir”.

Dan dari Asma’ binti Yazid bin as-Sakan ia berkata: aku mendengar Rasulullah bersabda dalam dua ayat ini (الله لا إله إلا هو الحي القيوم) dan (آلم الله لا إله إلا هو الحي القيوم) bahwa didalamnya terdapat nama Allah yang paling agung.














No comments:

Post a Comment